fbpx Top
Join Blogger Nomad

Apa Itu Pop Up

Apa Itu Pop Up.

Apa Itu Pop Up?

 

Kalian pasti sudah pernah mendengar istilah pop up. Istilah tersebut biasanya muncul dalam pembahasan mengenai menu-menu di komputer atau smartphone. Meskipun sudah familier, apakah teman-teman mengetahui apa itu pop up sebenarnya?

Contoh pop up yang paling sering kalian temui adalah pop up notification di smartphone. Pop up tersebut akan muncul ketika ada pemberitahuan masuk. Namun penggunaan pop up tak hanya sebatas itu. Ayo kita telusuri apa pengertian pop up beserta penerapannya.

 

Apa Itu Pop Up?

Pengertian pop up secara teknis adalah sebuah area dalam graphic user interface (GUI) atau tampilan grafis antarmuka pengguna yang berupa sebuah jendela berukuran kecil, biasanya muncul secara tiba-riba di latar depan ketika kalian melakukan suatu aksi, seperti mengklik tombol.

GUI sendiri adalah suatu bentuk tampilan atau antarmuka yang ditampilkan kepada pengguna sehingga dapat melakukan interaksi dengan perangkat elektronik melalui berbagai indikator visual dan ikon-ikon grafis.

Pop up juga dapat diartikan sebagai sebuah tampilan yang letaknya mengambang di depan atau atas jendela utama yang tengah aktif. Ketika pop up sudah muncul, biasanya aplikasi yang menjadi latar belakangnya akan berhenti sampai pop up tersebut ditutup.

Menurut sejarahnya, istilah pop up ini sudah digunakan di era sebelum kemunculan smartphone. Pop up sudah lebih dulu dipakai pada sistem operasi komputer yang sudah berbasis GUI, mulai dari era Windows 1 dan System 1 (MacOS pertama).

Fungsi utama sebuah opo up adalah memberikan pemberitahuan atau notifikasi, bahkan beberapa dibuat untuk melakukan aktivitas tertentu yang harus dipilih oleh pengguna. Sebuah aplikasi juga tak perlu memberikan banyak menu untuk diexplore karena sudah memakai pop up.

Sampai di sini, apakah teman-teman bisa memahami pengertian pop up? Jika sudah, kalian bisa melanjutkan ke pembahasan mengenai penggunaan pop up di komputer dan smartphone.

 

Kegunaan Pop Up secara Umum

Dalam pembahasan di atas, teman-teman mungkin sudah dapat mengetahui salah satu kegunaan pop up yaitu memberikan pemberitahuan kepada pengguna. Namun fungsi pop up tak hanya sebatas itu. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai kegunaannya secara umum.

1.     Menampilkan Iklan

Pernahkah kalian sedang asyik berselancar di internet kemudian muncul iklan secara tiba-tiba menutupi tampilan utamanya? Itulah yang disebut dengan iklan pop up ads atau iklan pop up. Iklan jenis ini biasa dijumpai pada portal berita online.

Jika ingin membaca berita, kalian harus menutup iklan pop up tersebut. Iklan jenis ini dipilih karena lebih mudah untuk mendapatkan attention dari targetnya. Biasanya, iklan pop up tidak akan bisa langsung ditutup. Kalian harus melihatnya selama beberapa detik terlebih dahulu.

Pop up tersebut tidak akan hilang kecuali kalian menutupnya. Sialnya, ketika salah sedikit saja mengklik iklan tersebut, kalian akan diarahkan ke sebuah jendela baru berisi iklan.

Pop up jenis ini memang sangat menyebalkan. Tak heran jika akhirnya banyak pengguna yang menggunakan ekstensi pemblokir iklan di browser untuk mencegah munculnya iklan serupa.

2.     Menampilkan Menu

Kegunaan yang kedua dari pop up adalah untuk menampilkan menu. Contohnya adalah saat teman-teman mengklik kanan mouse di desktop maupun aplikasi pada Windows. Setelah klik kanan, umumnya akan muncul beberapa menu. Jika di desktop, menu-menu yang muncul antara lain:

  • View
  • Sort By
  • Refresh
  • New
  • Display Settings
  • Personalize

Menu inilah yang disebut sebagai pop up menu. Menu tersebut dapat kalian pakai untuk berinteraksi dengan komputer.

3.     Dialog Box

Dialog box dan menu memiliki satu kesamaan, yaitu dapat dipakai pengguna untuk berinteraksi dengan komputer atau perangkatnya. Perbedaannya terletak pada tampilan dan fungsi khususnya. Dialog box digunakan komputer atau sistem untuk meminta konfirmasi kepada pengguna.

Ketika pengguna melakukan kesalahan atau mendapatkan peringatan, komputer akan menampilkan pop up dialog box.

Contoh yang paling sering kalian jumpai adalah saat akan menutup aplikasi Office Word atau Excel. Ketika file tersebut belum tersimpan, aplikasi akan menampilkan pop dialog box untuk kalian. Biasanya terdapat tiga opsi yang ada di sana, yaitu save, don’t save, dan cancel.

Masing-masing berfungsi untuk menyimpan file kemudian menutupnya, menutup aplikasi tanpa menyimpan file, dan membatalkan aksi menutup aplikasi.

4.     Graphics Pop Up

Penggunaan pop up juga bisa kalian jumpai di games. Istilah yang dipakai untuk menyebut sebuah pop up di games adalah graphics pop up. Istilah ini dipilih karena pop up yang ditampilkan menggunakan gambar atau animasi.

Biasanya, pop up di games ini dipakai untuk menampilkan menu atau meminta konfirmasi dari para pengguna terkait sesuatu.

 

Kegunaan Pop Up pada Smartphone

Penjelasan di atas tentunya sudah cukup membantu teman-teman dalam memahami kegunaan pop up secara umum. Nah, di bawah ini akan dijelaskan juga bagaimana penggunaan pop up di smartphone, khususnya untuk sistem operasi Android dan iOS.

1.     Menunjukkan Notifikasi

Fungsi atau kegunaan pop up di smartphone yang pertama adalah menampilkan pemberitahuan atau notifikasi. Hal ini pasti sudah sangat familiar untuk teman-teman semua. Ketika mendapatkan pesan dari WhatsApp, pemberitahuan dari games, dan aplikasi lain, pop up akan selalu muncul.

Biasanya pop up akan muncul di bagian atas layar smartphone. Pemberitahuan dengan pop up ini bisa ditujukan kepada pengguna agar bisa melihat cuplikan isi sebuah pemberitahuan. Kalian pasti pernah kan, melihat pesan WhatsApp cuma dari pop up?

Seiring dengan perkembangan smartphone, pop up notification juga telah disertai dengan menu yang interaktif. Salah satu contohnya adalah menu reply di pemberitahuan WhatsApp yang berguna untuk membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi.

2.     Memperlihatkan Child Menu

Child menu merupakan sub menu atau daftar menu yang terdapat di menu utama. Kegunaan pop up yang berikutnya adalah untuk menampilkan child menu tersebut. Contoh yang mungkin sering kalian temui adalah pada menu Settings, khususnya dalam pengaturan jaringan.

Ketika kalian akan menentukan jenis jaringan yang akan diaktifkan, layar akan menampilkan child menu berupa jenis jaringan mulai dari 2G hingga 4G. Ketika menu tersebut muncul, kalian tidak bisa mengklik apa pun yang ada di latar belakang, kan? Itulah contoh child menu pop up.

3.     Memberikan Peringatan

Sama seperti di komputer, sistem smartphone juga dapat menampilkan peringatan apabila terjadi kegagalan sistem. Peringatan atau alert tersebut umumnya ditampilkan menggunakan tampilan pop up.

Contoh system alert pop up yang sering dijumpai pengguna smartphone adalah ketika aplikasi mengalami crash atau error. Biasanya, layar akan menampilkan pesan seperti “WhatsApp isn’t responding”. Peringatan tersebut diikuti dengan 3 menu yaitu Close app, wait, dan send feedback.

iPhone juga kerap menampilkan alert pop up, contohnya ketika penyimpanan iCloud hampir penuh. Di layar akan muncul pop up “Not Enough Storage” yang diikuti dua menu yaitu Close dan Upgrade Storage.

Setelah membaca penjelasan lengkap di atas, tentunya teman-teman sudah bisa memahami apa itu pop up. Tak hanya itu, kalian juga pasti sudah sangat paham dengan penggunaan pop up di berbagai perangkat.

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected