fbpx Top
Join Blogger Nomad

Cara Hapus Akun Telegram

Cara Hapus Akun Telegram.

Cara Hapus Akun Telegram

 

Menghapus sebuah akun di media sosial biasanya dilakukan ketika seseorang sudah tidak lagi menggunakannya. Begitu pula kalau teman-teman tidak lagi menggunakan Telegram, kalian bisa menghapus akun tersebut. Cara hapus akun Telegram juga terbilang mudah.

Telegram sendiri merupakan sebuah aplikasi chatting yang kini tengah populer. Keberadaan super group, bot, dan channel, serta keamanan yang diklaim lebih baik membuat aplikasi yang satu ini naik daun.

 

Apakah Kalian Yakin Akan Menghapus Akun?

Sebelum masuk ke tutorial, sebaiknya kalian pastikan terlebih dahulu bahwa tidak akan ada masalah terjadi setelah akun tersebut tiada. Apakah kamu tergabung dalam grup pekerjaan, kelas, atau semacamnya. Intinya, jangan hapus akun jika masih ada hal-hal penting di dalamnya.

Kalau kalian merasa semuanya aman, barulah akun tersebut bisa dihapus. Namun perlu kalian pahami bahwa menghapus akun Telegram tidak bisa dilakukan melalui aplikasi, baik di Android maupun iPhone. Untuk menghapusnya, kalian harus melakukannya melalui browser.

Selain itu, kode konfirmasi juga akan dikirimkan melalui aplikasi Telegram, bukan SMS. Jadi, perlu dipastikan bahwa kalian memiliki akses ke akun tersebut.

 

Konsekuensi Jika Akun Telegram Dihapus

Akan ada hal-hal yang terjadi ketika teman-teman menghapus akun. Hal ini disebut dengan konsekuensi. Di bawah ini terdapat beberapa konsekuensi yang akan kalian terima apabila menghapus sebuah akun Telegram:

  • Semua pesan yang sudah kalian kirim dan terima dari semua orang di Telegram akan menghilang, termasuk seluruh file media yang tidak dibackup atau didownload.
  • Semua kontak yang sudah tersimpan di Telegram juga akan hilang.
  • Apabila tergabung dalam sebuah grup atau channel, keduanya akan tetap ada meskipun akun kalian sudah dihapus.
  • Jika kalian menjadi satu-satunya pengurus atau admin dalam sebuah grup atau channel, keduanya akan menjadi seperti ‘yatim piatu’.
  • Akun kalian akan tetap memiliki hak admin meskipun akan ditandai sebagai akun yang terhapus atau deleted account.
  • Begitu pula dengan pesan yang sudah pernah Anda kirimkan, mereka akan tetap terlihat di grup atau channel.
  • Kalian dapat membuat akun Telegram baru dengan nomor yang sama seperti akun terhapus. Namun hal ini tidak akan mengembalikan history dan kalian dianggap sebagai pengguna baru.

Siap dengan segala konsekuensi yang sudah disebutkan di atas? Kalau iya, kalian bisa membaca tutorial selengkapnya di bawah ini untuk menghapus akun Telegram.

 

Cara Hapus Akun Telegram

Secara garis besar, langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk menghapus sebuah akun Telegram terbagi menjadi enam. Berikut ini ringkasan dari langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  • Mengunjungi halaman website khusus untuk menghapus akun Telegram.
  • Memasukkan nomor telepon yang terdaftar di Telegram.
  • Mendapatkan kode konfirmasi di aplikasi Telegram yang ada di smartphone.
  • Memasukkan kode tersebut di tempat yang tersedia.
  • Memberikan alasan yang logis mengapa kalian memilih untuk menghapus akun Telegram tersebut.
  • Konfirmasi untuk menghapus akun.

Itulah gambaran umumnya. Di bawah ini akan dijelaskan secara lebih mendetail mengenai langkah-langkah cara hapus akun Telegram. Sebaiknya, kalian simak tutorialnya sampai habis. Setelah itu, baru praktikkan.

1)     Mengunjungi Halaman untuk Hapus Akun Telegram

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalian perlu mengunjungi website khusus yang memang ditujukan untuk menghapus akun Telegram. Alamatnya ada di bawah ini.

https://my.telegram.org/auth?to=deactivate

Kalau kalian membaca tutorial ini di browser laptop atau PC, beruntunglah. Kenapa? Karena kalian tak perlu mengetik ulang alamat URL di atas. Cukup klik kemudian kamu akan diarahkan ke halaman hapus akun Telegram.

Kalian disarankan untuk menggunakan komputer atau laptop, ya. Pasalnya, tampilan di laptop atau komputer umumnya lebih jelas dan besar dibandingkan dengan layar smartphone. Kalau memang terpaksa menggunakan smartphone, sebaiknya gunakan browser Chrome.

2)     Login dengan Nomor Telepon

Ketika halaman hapus akun sudah selesai dimuat, kalian akan melihat kolom untuk memasukkan nomor telepon di sana. Isi dengan format internasional, artinya kalian perlu menambahkan kode negara pada nomor telepon.

Contohnya di Telegram kalian menggunakan nomor 08123456789. Maka di halaman hapus akun, kalian harus menuliskan +628123456789. +62 merupakan kode untuk negara Indonesia. Kalau kalian menggunakan nomor telepon dari negara lain, tambahkan kode negara yang sesuai.

Pastikan nomor yang kalian ketik sudah benar. Jika sudah yakin, sekarang klik pada button Next yang berwarna biru. Letaknya ada di bawah kolom nomor telepon.

3)     Mendapatkan Kode Verifikasi

Sesaat setelah kalian memasukkan nomor telepon, sistem Telegram akan melakukan pemeriksaan. Tujuannya adalah memastikan bahwa akun tersebut memang ada dan masih aktif. Selanjutnya, Telegram akan mengirimkan kode konfirmasi.

Kode tersebut diberikan melalui Telegram chat, bukan SMS seperti kode OTP pada umumnya. Kode konfirmasi tersebut digunakan untuk memastikan bahwa akun kalian sedang tidak dikendalikan oleh orang lain.

Bukalah aplikasi Telegram kamu, kemudian buka chat yang berasal dari Telegram. Pastikan bahwa kalian sudah menerima kode konfirmasi.

4)     Memasukkan Kode di Tempat yang tersedia

Setelah itu, ketik kode konfirmasi pada tempat yang disediakan di halaman untuk hapus akun Telegram. Kotak untuk memasukkan kode konfirmasi akan muncul di bawah kolom nomor telepon Anda.

Kode konfirmasi terdiri dari kumpulan angka, huruf kecil, dan huruf kapital. Jadi, pastikan kalian mengetik kode tersebut dengan benar.

Cocokkan kembali setelah kamu mengetik kode konfirmasi untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan. Klik tombol Sign In jika kalian sudah selesai memasukkan kode verifikasi.

5)     Baca Peringatan

Telegram akan memberikan peringatan kepada kalian yang akan menghapus. Di halaman ini juga tercantum beberapa konsekuensi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kalian juga akan diberikan pilihan untuk mengganti nomor.

Namun kalau kalian masih bersikukuh untuk hapus akun, pastikan bahwa akun tersebut memang benar-benar tidak digunakan lagi.

6)     Tuliskan Alasan Menghapus Akun

Di halaman yang sama, kalian akan melihat satu kolom di bawah nomor telepon. Kolom ini berfungsi untuk menampung alasan teman-teman yang ingin menghapus akun.

Tuliskan kenapa kalian ingin menghapus akun. Sistem tersebut menggunakan bahasa Inggris, alangkah baiknya kalau teman-teman juga menggunakan bahasa tersebut untuk memberikan keterangan.

Namun tak menjadi masalah kalau teman-teman lebih memilih memakai bahasa Indonesia. Tuliskan alasan dengan jelas, singkat, dan mudah dimengerti. Setelah yakin, klik pada tombol Delete My Account.

7)     Konfirmasi Hapus Akun

Setelah mengeklik tombol delete my account, akun kalian tidak akan langsung terhapus. Kalian masih dihadapkan dengan konfirmasi untuk meyakinkan kembali keputusan yang diambil.

Di sana ada dua opsi yaitu Yes, delete my account dan Nope, I’ll give it another try. Untuk menghapus, tentunya kalian harus memilih opsi yang pertama. Tombol tersebut berwarna merah.

Dengan memilih opsi tersebut, akun Telegram teman-teman akan dihapus secara permanen. Kalian juga tidak bisa membuat akun yang sama dalam beberapa hari ke depan.

Kalian bisa mempraktikkan cara hapus akun Telegram di atas jika sudah benar-benar yakin. Pasalnya, semua data akan ikut terhapus.

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected