fbpx Top
Join Blogger Nomad

Cara Membuat Google Form di HP

Cara Membuat Google Form di HP.

5 Cara Membuat Google Form di HP dengan dan Tanpa Aplikasi

 

Tutorial atau cara membuat Google Form di HP kini diburu oleh banyak orang. Apakah kalian juga termasuk salah satunya? Dulu, Google Form biasa dibuat dengan PC atau komputer. Namun seiring dengan semakin canggihnya HP, form kini sudah bisa dibuat hanya dalam genggaman.

Google Form biasanya dipakai untuk membuat kuesioner penelitian, survei, pengumpulan data, dan masih banyak lagi. Kira-kira, kamu akan membuat apa nih pakai Google Form?

Cara Membuat Google Form di HP

Google Form di HP bisa kalian buat menggunakan dua cara. Kalian dapat memanfaatkan browser seperti membuat form di laptop atau PC. Daripada makin penasaran, inilah tutorial selengkapnya khusus untuk teman-teman.

1.     Mengunjungi Situs Google Form

Pertama, buka browser yang ada di smartphone kamu dan kunjungi link https://docs.google.com/forms/. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google. Setelah itu, kalian akan dihadapkan pada sebuah form kosong.

Pahami terlebih dahulu menu apa saja yang ada di halaman tersebut. Kalian bisa melihat semua tools yang ada di sana.

2.     Edit Isi Form

Setelah paham semua tools yang ada di Google Form, kalian bisa menambahkan judul formulir. Selanjutnya, kalian dapat mengisi bagian deskripsi dengan keterangan pendukung yang bisa dibaca oleh pengisi formulir.

Klik ikon palet di bagian atas halaman untuk mengatur tema Google Form yang kalian miliki. Di sini ada beberapa hal yang bisa diubah yaitu header, warna tema, warna latar belakang, dan gaya atau jenis font.

Teruskan ke bagian bawah, lebih tepatnya di bagian pertanyaan. Di sana kamu juga bisa menambahkan pertanyaan. Karena ada banyak sekali jenis pertanyaan, hal ini akan dibahas lebih lanjut pada poin berikutnya.

3.     Menambahkan Pertanyaan Baru

Untuk menambahkan sebuah pertanyaan, kalian bisa mengklik ikon + yang ada di bagian bawah halaman browser. Tulis pertanyaan di kolom Pertanyaan atau Question. Kemudian di bagian bawahnya bisa diklik untuk memilih jenis jawaban. Berikut penjelasan masing-masing opsi:

  • Jawaban singkat berisi satu baris yang bisa diisi dengan huruf, angka, dan karakter. Biasanya dipakai untuk memberikan data berupa nama, alamat email, nomor HP, dan data lainnya yang singkat.
  • Paragraf digunakan untuk memberikan jawaban yang lebih panjang dari jawaban singkat. Biasanya jawaban berupa uraian yang lebih panjang dari satu baris. Biasa dipakai untuk jawaban alamat dan pendapat mengenai sesuatu.
  • Pilihan ganda merupakan pilihan jawaban yang bisa dipilih oleh orang yang ditanya. Jika sudah memilih salah satu opsi, opsi yang lain tak akan bisa dipilih kembali.
  • Kotak centang dipakai untuk memberikan jawaban yang lebih dari satu. Sifat dari kotak centang ini berlawanan dengan pilihan ganda.
  • Dropdown hampir sama seperti pilihan ganda, orang yang mengisi form hanya bisa memilih salah satu jawaban. Namun pilihan ini bisa kalian pakai jika ingin form tampak lebih ringkas karena dropdown tidak membutuhkan banyak ruang.
  • Upload file, seperti namanya, opsi ini bisa digunakan untuk meminta responden Google Form mengunggah file. Kalian bisa menentukan jenis file apa yang harus diupload, jumlah maksimum file, serta ukuran maksimum dari masing-masing file.
  • Skala linier dipakai untuk pertanyaan mengenai intensitas. Skalanya bisa kalian tentukan mulai dari 0 hingga 10.
  • Kisi pilihan ganda untuk menjawab beberapa pertanyaan sekaligus yang memiliki kriteria jawaban mirip. Responden hanya bisa memilih satu jawaban dari setiap pertanyaan.
  • Petak kotak centang memiliki fungsi yang sama seperti kisi pilihan ganda. Namun di sini responden dapat memilih jawaban lebih dari satu.
  • Tanggal dipakai untuk memberikan jawaban berupa tanggal, bulan, dan tahun.
  • Waktu digunakan untuk memberikan jawaban berupa jam dan menit.

Kalau kalian ingin responden Google Form menjawab sebuah pertanyaan wajib, aktifkan opsi Wajib diisi yang ada di setiap pertanyaan.

4.     Submit Form

Periksa kembali apakah kalian sudah mencantumkan semua pertanyaan dengan benar? Jika sudah, sekarang teman-teman bisa langsung submit atau mengirim form yang telah dibuat. Caranya juga tak begitu rumit:

  • Kalian bisa klik ikon kirim yang letaknya ada di bagian atas halaman dan agak ke kanan.
  • Pilih metode penyebaran link yang kalian inginkan.
  • Supaya lebih mudah, klik ikon rantai. Artinya, teman-teman akan membagikan Google Form melalui link. Siapa saja yang memiliki link tersebut dapat memberikan jawaban di Google Form.
  • Jika ingin URL lebih singkat, klik pada opsi perpendek URL.
  • Klik tombol Salin untuk membagikan link tersebut di berbagai media sosial.

Kalian juga bisa menggunakan link tersebut untuk membuat QR Code agar responden dapat lebih mudah mengakses Google Form.

5.     Melihat Tanggapan atau Isian

Apa yang biasa kalian lakukan setelah membuat Google Form dan menyebarkan linknya? Tentu saja memantau tanggapan dari audiens. Nah, untuk melihat tanggapan, kalian bisa mengaksesnya pada tab Respons.

Di sana akan tampak jumlah data yang sudah masuk ke formulir kalian. Kalian dapat melihat respons dalam 3 mode, yaitu ringkasan, pertanyaan, dan individual.

Untuk memudahkan kalian dalam mengolah data, sebaiknya respons atau tanggapan dari pemirsa dimasukkan ke sebuah sheet.

  • Di sini kalian bisa mengklik logo Spreadsheet di sisi kanan jumlah tanggapan.
  • Selanjutnya, kalian bisa memilih untuk menyimpan data tersebut ke sebuah spreadsheet baru atau yang sudah ada.
  • Kalau kalian memilih spreadsheet baru, beri nama sheet tersebut sesuai kebutuhan.
  • Jika memilih spreadsheet yang sudah ada, kalian akan diarahkan ke Drive untuk memilih file sheet yang akan dipakai untuk menyimpan data.

Ada beberapa opsi yang dapat kalian ubah terkait dengan tanggapan pemirsa terhadap Google Form:

  • Pertama, kalian bisa memilih untuk mengaktifkan pemberitahuan email setiap ada tanggapan yang masuk.
  • Jika data yang kalian dapatkan sudah cukup, hentikan akses setiap orang ke Google Form tersebut dengan opsi batalkan tautan formulir.
  • Opsi download dapat kalian pakai untuk mengunduh file spreadsheet ke dalam memori internal ponsel. Jenis file spreadsheet yang digunakan di sini adalah .csv.
  • Menu cetak semua tanggapan dapat kalian pakai jika ingin membuat hard copy dari semua data yang masuk. Dokumen hasil cetakan akan memperlihatkan pertanyaan disertai jawaban yang diberikan oleh masing-masing responden.
  • Menu hapus semua tanggapan dapat kalian pakai kalau ingin menghilangkan semua record atau data yang berhasil dikumpulkan.

Apakah tutorial cara membuat Google Form di HP yang saya sampaikan di atas sudah cukup jelas untuk teman-teman pahami? Jika sudah, sekarang kalian bisa membuat Google Form sendiri untuk keperluan penelitian, survei, atau polling.

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected