fbpx Top
Join Blogger Nomad

Cara Mengganti Email Instagram

Cara Mengganti Email Instagram.

Cara Mengganti Email Instagram Lewat Aplikasi dan Web

 

Pengaturan profil di Instagram biasanya akan membutuhkan alamat email untuk beberapa keperluan. Namun bagaimana jika email tersebut ternyata sudah tidak aktif atau kalian lupa password? Kalian hanya perlu menggantinya dengan email baru menggunakan cara mengganti email Instagram.

 

Sebagian besar orang seringkali mengisikan email secara asal atau tidak pernah menggantinya. Padahal keberadaan email di akun Instagram ini sangat penting, karena akan dibutuhkan suatu waktu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Mengapa Email IG Perlu Diganti?

 

1. Agar Lebih Aman

 

Penggantian email IG ini berguna untuk membuat akun menjadi lebih aman dari serangan hacker yang menyerang. Terlebih jika kalian pernah membagikan email tersebut kepada orang lain, baik itu orang terdekat maupun tidak.

 

Akan berbahaya jika email tersebut sudah terlalu publik atau banyak yang mengetahuinya. Maka dari itu bisa diganti menggunakan email baru yang belum diketahui oleh siapa saja. Dengan demikian, akun IG menjadi lebih aman.

 

2. Meminimalisir Lupa Password

 

Sebagian besar pengguna pasti pernah mengalami lupa password, baik itu akun email ataupun login Instagram itu sendiri. Apabila email lama yang sebelumnya didaftarkan di Instagram sudah tidak aktif atau kalian lupa password, maka bisa diganti.

 

Ketika membuat email baru untuk Instagram, pastikan kalian mencatatnya seluruh informasi penting, mulai dari username, password dan lain sebagainya. Jangan sampai ketika membuat baru justru tidak tercatat informasinya, maka akan sia-sia.

 

3. Agar Notifikasi Penting Masuk

 

Bagi beberapa pengguna, mungkin saja email yang digunakan sebelumnya juga digunakan di platform lainnya. Kondisi seperti ini tentu akan membuat notifikasi atau pemberitahuan penting tercampur dalam satu email yang sama.

 

Agar email penting dari Instagram tidak terlewat dibaca, alangkah baiknya untuk menggantinya. Nantinya kalian tinggal melakukan pengaturan pemberitahuan melalui email, mulai dari notifikasi sederhana hingga notifikasi penting sekalipun.

 

4. Pengganti Email Lama

 

Bagi pengguna email Gmail sekarang perlu berhati-hati dan memantau email masing-masing. Ini karena baru-baru ini pihaknya telah mengeluarkan peraturan baru bagi penggunanya, yaitu tentang keaktifan dari email tersebut.

 

Apabila email dan layanan produk Google yang reintegrasi tidak memiliki aktivitas apapun, maka pihak Google akan menghapusnya. Jika email yang kalian daftarkan termasuk di dalamnya, maka mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru.

 

Cara Mengganti Email Instagram dengan Mudah

 

1. Via Aplikasi

 

  • Update terlebih dahulu aplikasi Instagram ke versi terbaru dan biarkan sampai selesai.
  • Selesai update, segera jalankan aplikasinya. Pastikan di sini kalian sudah mempersiapkan email baru untuk pengganti email lama.
  • Setelah masuk ke Instagram, tekan menu Profile yang ada di kanan bawah.
  • Selanjutnya tekan menu baris tiga di ujung kanan atas, kemudian pilih opsi Pengaturan.
  • Pada halaman Pengaturan, pilih opsi Akun, kemudian pilih Informasi Pribadi.
  • Halaman Informasi Pribadi akan terbuka dan di situ akan muncul informasi Instagram mulai dari email, nomor HP, jenis kelamin hingga tanggal lahir.
  • Jika ingin mengganti email, pilih menu Alamat Email dan ganti atau isikan dengan alamat email baru.
  • Pastikan kalian mengisikan alamat email dengan benar, kemudian tekan tombol Centang yang ada di kanan atas.
  • Selesai mengganti alamat email, biasanya akan muncul tulisan Verifikasi Email.
  • Tekan tulisan tersebut dan jika muncul notifikasi verifikasi, tekan tombol OK atau Yes.
  • Sekarang keluar dari aplikasi Instagram dan buka email yang baru saja kalian daftarkan.
  • Cek Inbox atau label email lain yang berasal dari pihak Instagram.
  • Jika muncul subjek email yang intinya berisikan verifikasi alamat email, buka email tersebut.
  • Di dalam email biasanya akan muncul link konfirmasi atau verifikasi email.
  • Kalian cukup klik link email tersebut dan tunggu sampai diarahkan ke browser atau aplikasi.
  • Apabila berhasil, maka akan muncul notifikasi pop up bahwa proses verifikasi email Instagram telah berhasil.
  • Perlu dicatat dan diperhatikan sebelum klik link dari email tadi. Pastikan pengirimnya benar-benar dari pihak Instagram dan bukan dari yang lain. Kalian bisa mengeceknya di alamat pengirim email. Apabila bukan resmi dari pihak Instagram, jangan pernah sekali-kali mencoba klik link tersebut.

 

2. Via Web

 

  • Buka browser, kemudian kunjungi situs login di https://www.instagram.com/accounts/login/.
  • Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun masing-masing.
  • Setelah berhasil masuk ke beranda Instagram, tekan foto profil di kanan atas, kemudian pilih menu Settings.
  • Pada halaman Settings, pilih opsi Edit Profile.
  • Ketika klik Edit Profile, maka akan muncul halaman di sebelah kanannya yang berisikan profil masing-masing.
  • Bagi yang ingin mengganti email, maka bisa langsung mengganti alamat email yang ada di kolom Email.
  • Jika alamat email sudah berhasil dimasukkan, jangan lupa klik tombol Submit.
  • Setelah klik Submit, biasanya akan muncul verifikasi email di bawah kolom email tadi.
  • Klik link tersebut dan izinkan untuk mengirimkan email verifikasi.
  • Sekarang kalian bisa melakukan verifikasi seperti yang telah dijelaskan di langkah pertama.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Email IG

 

1. Pastikan Email Aktif

 

Satu hal penting yang tidak boleh terlewat ketika mengganti email IG adalah memastikan bahwa email tersebut aktif. Kalian bisa membuat email baru yang belum pernah digunakan sebelumnya dan mencatat informasi loginnya atau bisa juga dihafalkan.

 

Apabila tidak aktif, nantinya tidak bisa melakukan verifikasi dan jika terjadi hal-hal yang di luar kendali maka tidak bisa bergantung pada email. Di sini bebas ingin menggunakan layanan email apa saja, asalkan dapat diakses sewaktu-waktu.

 

2. Segera Lakukan Verifikasi

 

Setelah mendaftarkan email baru ke Instagram, jangan lupa untuk langsung melakukan verifikasi. Ini bertujuan agar email tersebut dapat digunakan untuk keperluan seperti jika ada orang yang ingin menghubungi kalian atau sejenisnya.

 

Jika tidak segera dilakukan verifikasi, maka seluruh notifikasi dari Instagram yang penting tidak akan masuk ke email. Di sisi lain jika ingin melakukan restart password juga tidak bisa karena email belum terverifikasi oleh pihak Instagram.

 

3. Lakukan Pengaturan Notifikasi IG ke Email

 

Adapun pengaturan notifikasi ini sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bagi yang ingin mendapatkan seluruh informasi, maka bisa mengaktifkan notifikasi penuh ke email masing-masing. Begitu juga sebaliknya, bagi yang tidak ingin mendapatkan informasi penuh, maka tidak perlu mengaktifkan notifikasi.

 

Mengatur notifikasi ke email ini sangat penting untuk berjaga-jaga jika suatu waktu terdapat orang lain yang ingin mencoba masuk menggunakan email tersebut. Bisa dibilang ini menjadi salah satu langkah pencegahan terjadinya peretasan akun Instagram.

 

4. Lakukan Update Profil

 

Bagi yang menggunakan akun bisnis atau akun Instagram kalian digunakan untuk pekerjaan, jangan lupa untuk mengupdate profil atau bio. Jika sebelumnya yang tertera merupakan alamat email lama, maka harus diganti menggunakan alamat email baru yang sudah terdaftar.

 

Perlu diperhatikan bahwa cara mengganti email Instagram di atas sesuai jika kalian menggunakan versi terbaru. Jika versi Instagram yang digunakan merupakan versi lama, maka perlu diupdate terlebih dahulu atau mungkin sedikit berbeda pengaturannya.

 

 

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected