fbpx Top
Join Blogger Nomad

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth.

3 Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth, Penolong Saat Miskin Kuota

 

Pengen download aplikasi tapi lagi miskin kuota dan nggak ada Wi-Fi? Kalian bisa minta aplikasi ke teman menggunakan bluetooth. Cara ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Namun masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth.

Apakah teman-teman tahu apa itu bluetooth? Fitur yang hampir selalu ada dalam setiap smartphone ini berguna untuk koneksi nirkabel antar perangkat. Secara umum, fungsinya terbagi menjadi dua yaitu menyambungkan perangkat dan mengirim file, termasuk aplikasi.

3 Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Sepanjang pengalaman saya menggunakan bluetooth untuk mengirim aplikasi, ada 3 metode yang bisa dipraktikkan. Di bawah ini akan dibahas tuntas sampai ke akar-akarnya. Biar nggak ketinggalan, mending kalian stay tune terus di artikel ini sampai habis.

1.     Memakai Aplikasi Sharecloud

Sharecloud – Share By 1-Click adalah aplikasi pertama yang bisa kalian pakai untuk mengirim aplikasi memakai bluetooth. Aplikasi tersebut termasuk yang sangat populer dan bisa kalian dapatkan melalui Play Store.

Ada lebih dari 10 cara mengirim aplikasi yang ditawarkan oleh Sharecloud, salah satunya melalui bluetooth. Nggak hanya aplikasi, kalian juga bisa memakainya untuk mengirim dokumen, lagu, video, foto, dan file lainnya.

Bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth memakai aplikasi Sharecloud? Inilah dia tutorial lengkapnya hanya untuk kalian.

1)     Download dan Install

Hal pertama yang harus kalian lakukan tentu saja download dan install aplikasi Sharecloud. Caranya mudah, buka Play Store kemudian cari nama aplikasi tersebut. Klik Install jika sudah menemukannya.

Pastikan bahwa smartphone Android kalian sudah terhubung dengan jaringan internet, ya. Jika tidak, proses ini nggak akan berhasil.

2)     Nyalakan Bluetooth

Setelah teman-teman berhasil memasang atau install Sharecloud, sekarang waktunya untuk mengaktifkan bluetooth. Nggak hanya di smartphone pengirim, tapi juga penerima.

Biasanya, kalian cukup mengklik ikon bluetooth di control center untuk mengaktifkannya. Hubungkan bluetooth kedua ponsel melalui menu Pair. Pastikan dua smartphone ini tersambung, ya.

3)     Buka Sharecloud

Buka aplikasi Sharecloud yang dengan cara mengklik ikonnya di menu drawer atau home page. Saat aplikasi sudah terbuka, klik pada menu Select File. Klik kategori app untuk melihat daftar aplikasi yang bisa dikirim ke ponsel lain.

4)     Pilih Aplikasi

Pilih satu atau beberapa aplikasi sekaligus yang akan dikirimkan. Caranya adalah mengklik dan tahan pada aplikasi tersebut, kemudian seleksi. Klik opsi More di bagian bawah aplikasi. Di sana akan muncul beberapa metode pengiriman. Pastikan kalian pilih bluetooth, bukan yang lain.

5)     Kirim Aplikasi

Langkah terakhir adalah memilih ponsel penerima yang sudah terhubung melalui bluetooth. Tunggu prosesnya sampai selesai dan berhasil. Semakin besar ukuran aplikasi, proses pengiriman atau transfer datanya akan semakin lama.

Aplikasi akan sampai di smartphone penerima sebagai aplikasi Apk. Penerima dapat menginstal aplikasi tersebut secara manual dan menghapus file Apk ketika sudah tidak diperlukan.

2.     Menggunakan ES File Explorer File Manager

Cara kedua yang dapat kalian praktikkan adalah memakai aplikasi ES File Explorer File Manager. Beberapa Android sudah dilengkapi aplikasi ini secara default. Namun kebanyakan Android tak memiliki ES File Explorer sehingga harus mendownloadnya terlebih dahulu.

ES File Explorer sebenarnya merupakan aplikasi yang serba guna. Fungsi utamanya adalah mengelola file. Di samping itu, kalian bisa menggunakannya untuk mendeteksi dan membersihkan file-file tidak berguna dari memori. Fungsinya yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mengirim file.

Untuk pengiriman file, ES juga mendukung beberapa metode dan bluetooth merupakan salah satunya. Langsung saja, inilah tutorial mengirimkan aplikasi lewat bluetooth menggunakan ES File Explorer.

1)     Download dan Install

Sama seperti tutorial pertama, kalian juga diharuskan untuk mendownload dan install aplikasi melalui Play Store. Tenang, ES File Explorer tersedia secara gratis, kok.

Tak ada cara spesial untuk download aplikasi tersebut. Masukkan namanya di kolom pencarian, kemudian klik Install setelah menemukannya.

2)     Nyalakan Bluetooth Lalu Buka Aplikasi

Jangan lupa untuk mengaktifkan bluetooth di kedua Android ya, teman-teman. Kalian bisa mengaktifkan bluetooth melalui menu Settings maupun dari control center.

Selanjutnya, buka aplikasi ES File Explorer yang tadi sudah selesai diinstal. Sudah tahu bagaimana cara buka aplikasi, kan?

3)     Pilih Aplikasi yang Akan Dikirim

Di halaman awal ES File Explorer terdapat beberapa kategori pengelompokan file. Pilihlah kategori App. Di sana kalian akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di Android. Pilih aplikasi yang akan dikirim ke Android teman kalian, ya.

4)     Kirim Aplikasi

Ketika kalian mengklik dan menahan satu aplikasi, maka dia akan terpilih. Di bagian bawah aplikasi juga akan muncul beberapa pilihan atau menu. Klik tanda titik tiga untuk menampilkan lebih banyak menu.

Untuk mengirimkan aplikasi, klik pada opsi Bagikan atau Share kalau Android kalian memakai bahasa Inggris. Pilih Bluetooth ketika muncul berbagai opsi cara mengirim file.

Pilih nama perangkat teman kalian yang muncul di layar ponsel. Setelah itu, tunggu saja sampai proses pengiriman aplikasi selesai dilakukan dan berhasil. Usahakan smartphone yang mengirim dan menerima file tidak terpisah jarak yang jauh karena koneksi bluetooth bisa terputus.

3.     Aplikasi App Backup & Restore – Easiest Backup Tool

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth yang terakhir adalah memakai App Backup & Restore. Sama persis seperti dua aplikasi sebelumnya, App Backup & Restore ini tersedia di Play Store dan bisa teman-teman download secara gratis.

Fungsi utama aplikasi tersebut bisa kalian ketahui dari namanya. Namun ada fungsi lain di balik itu, yaitu mengirim aplikasi dari satu Android ke Android lainnya. Dengan kemampuan tersebut, kalian bisa lebih hemat kuota karena pengiriman aplikasi dengan bluetooth tak memakai koneksi internet.

Cara menggunakan App Backup & Restore juga tak berbeda jauh dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

1)     Download dan Install

Pertama, kalian wajib mendownload aplikasi App Backup & Restore jika belum pernah menginstalnya. Kalian bisa search di Play Store menggunakan nama App Backup & Restore. Kalau sudah mendapatkan aplikasi yang dimaksud, klik saja tombol Install.

2)     Aktifkan Koneksi Bluetooth dan Jalankan Aplikasi

Sebelum membuka aplikasi App Backup & Restore, kalian perlu menyalakan bluetooth lebih dulu biar nggak dua kali kerja. Setelah bluetooth aktif, kalian bisa buka App Backup & Restore seperti membuka aplikasi lain.

3)     Pilih Aplikasi yang Akan Dikirim

Di halaman utama, kalian akan langsung melihat semua aplikasi yang terpasang di smartphone. Pilih salah satu atau beberapa aplikasi yang akan dikirim dengan cara klik pada kotak di sudut kanan atas nama aplikasi.

4)     Kirim Aplikasi

Klik opsi Send yang muncul di bagian kanan menu aplikasi. Klik menu Send by other apps untuk memunculkan metode pengiriman yang ada. Pilih Bluetooth tentu saja. Setelah itu, pasangkan Android kalian dengan penerima. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Dari ketiga cara mengirim aplikasi lewat bluetooth di atas, mana yang jadi favorit kalian? Apapun aplikasi yang kalian pilih, prinsip penggunaannya tetap sama. Kalau sudah paham konsepnya, nggak akan sulit pakai cara mana pun.

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected