fbpx Top
Join Blogger Nomad

Cara Menjadi Penulis Lepas

Cara Menjadi Penulis Lepas.

5 Cara Jadi Penulis Lepas Profesional

 

Penulis lepas merupakan sebuah pekerjaan yang punya peminat cukup banyak. Sebagai seorang yang memiliki pengalaman dan masih berkecimpung menjadi penulis lepas sampai saat ini, saya akan sedikit berbagi. Di sini akan saya jelaskan mengenai cara jadi penulis lepas.

Penghasilan yang didapat dari pekerjaan sebagai penulis lepas jumlahnya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang ingin menjadi penulis lepas atau bahasa kerennya, freelance writer.

Apa Itu Penulis Lepas?

Pengertian dari penulis lepas adalah seseorang yang mendapatkan bayaran dari jasa penulisan konten berbentuk artikel untuk perusahaan maupun individu tertentu. Penulis lepas atau freelance writer dibagi menjadi beberapa jenis menurut bidangnya.

·       Content Writer

Penulis lepas yang pertama memiliki tugas untuk menulis sebuah artikel informatif sesuai dengan arahan atau brief klien. Contoh artikel yang dihasilkan antara lain tutorial, artikel informasi definisi tentang suatu istilah, dan lain sebagainya.

·       Copywriter

Seorang copywriter memiliki tugas untuk menulis artikel dengan tujuan untuk mengajak para pembaca agar melakukan aksi tertentu.

Contoh aksi yang dimaksud antara lain mendownload produk, berlangganan email, dan membeli produk. Artikel jenis ini juga biasa disebut dengan call to action.

·       SEO Writer

Tugas dari seorang SEO writer adalah membuat artikel yang nggak hanya bermanfaat untuk pembaca namun juga telah teroptimasi supaya mudah dibaca oleh search engine. Dengan begitu, artikel tersebut bisa bersaing untuk masuk ke first page Google.

·       All-In-One Writer

Penulis jenis ini adalah seseorang yang serba bisa sehingga dapat menjadi content writer, copywriter, maupun SEO Writer.

Jika dilihat dari segi bayaran atau fee, biasanya copywriter memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan penulis jenis lain.

Syarat Menjadi Seorang Penulis Lepas

Kalau kalian berminat untuk menjadi seorang penulis lepas, ada satu persyaratan mutlak yang harus dipenuhi. Syarat tersebut adalah memiliki kemampuan atau skill menulis yang baik.

Kemampuan menulis ini tidak bisa diukur dengan angka, artinya kemampuan ini bersifat subjektif. Bagaimana cara mengetahuinya? Mengingat tidak adanya tolok ukur yang pasti, saya juga tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat.

Namun kualitas menulis kalian bisa dikatakan lebih baik daripada orang lain apabila terpilih untuk menulis di perusahaan tertentu atau untuk perseorangan.

Kalau kalian sudah mencoba melamar di berbagai tempat dan masih belum mendapatkan pekerjaan tersebut, artinya kemampuan atau kualitas tulisanmu masih kurang. Ketika hal ini terjadi, Jangan sedih. Teruslah berlatih dan menghasilkan tulisan-tulisan yang lebih baik.

Cara Jadi Penulis Lepas yang Profesional

Sepanjang menjadi penulis, saya mempelajari bahwa ada 5 tahap yang perlu kalian lewati untuk menjadi seorang freelance writer yang profesional. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1.     Kuasai 3 Skill Utama

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah belajar sampai menguasai 3 skill utama yang ada di bawah ini.

§  Menulis

Untuk menjadi seorang freelance writer yang profesional, setidaknya kalian memiliki skill menulis. Ada empat hal utama yang perlu kalian pelajari yaitu:

  1. Teknik dasar menulis meliputi pembuatan kalimat yang mudah dipahami, padat dan tidak bertele-tele, serta sesuai dengan ketentuan PUEBI.
  2. Menulis dengan berbagai gaya, contohnya formal, semi formal, dan santai.
  3. Menulis artikel yang terstruktur yaitu terdapat poin-poin seperti heading 1, heading dua, heading tiga, sub judul, dan lainnya. Hindari penulisan artikel yang tidak terstruktur karena hal tersebut tidak akan disukai oleh pembaca.
  4. Perbanyak kosakata supaya tulisan kalian lebih bervariasi dan tidak monoton. Kalian dapat memperbanyak kosakata dengan membaca buku, artikel, majalah, menonton televisi, dan lain sebagainya.

§  Riset

Seorang freelance writer dituntut dapat melakukan riset atau penelitian untuk bahan tulisannya. Hal ini penting karena pekerjaan yang diberikan oleh klien terkadang tidak selalu sesuai dengan bidang yang kita pahami.

Contohnya saya beberapa kali diminta untuk menulis artikel di bidang ekonomi, padahal basic saya ada di bidang teknologi. Sebagai seorang yang profesional, tentunya kita pantang menolak permintaan dari klien. Oleh sebab itu, pekerjaan tersebut harus tetap diselesaikan.

Nggak hanya riset untuk bahan tulisan, Kalian juga dituntut untuk dapat melakukan riset keyword yang berpotensi untuk dijadikan topik atau niche dalam sebuah artikel.

Kalau kalian memiliki kemampuan untuk riset keyword, rate card kalian mungkin bisa lebih tinggi dibandingkan penulis lain yang tidak memiliki skill tersebut.

§  Bahasa Inggris

Perlu kalian ketahui bahwa nggak semua bahan tulisan bisa didapatkan dari sumber bahasa Indonesia. Untuk mendapatkan sumber tulisan, terkadang kalian harus mencarinya dari sumber berbahasa Inggris.

Jadi nggak heran kalau seorang freelance writer diwajibkan untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris. Setidaknya bahasa Inggris pasif.

Kalau kemampuan bahasa Inggris kalian sudah advance atau bisa dikatakan jago, kalian bisa menjadi penulis di luar negeri. Penghasilan yang didapatkan biasanya lebih besar karena kalian dibayar dengan dolar.

Selain tiga skill yang sudah disebutkan di atas, teman-teman juga disarankan untuk memiliki kemampuan Search Engine Optimization atau SEO dan copywriting. Dua skill tersebut akan menjadi nilai tambah untuk kalian.

2.     Tentukan Bayaranmu

Menentukan bayaran juga sangat penting untuk penulis lepas. Sebagai seorang pemula, sebaiknya kalian tidak mematok harga yang terlalu tinggi. Contohnya, kalian menetapkan tarif Rp25.000 untuk 1000 kata. Kalian juga bisa mencari referensi harga jasa Ini dari Google.

Ketika jam terbang kalian sudah tinggi dan kemampuan meningkat, harga jasa juga bisa ditingkatkan. Namun sebaiknya kalian tidak terburu-buru untuk menaikkan harga. Lakukan saja pelan-pelan tapi pasti.

3.     Membangun Portofolio

Portofolio adalah bukti atas kemampuan yang kalian miliki. Semakin banyak portofolio yang kalian tampilkan untuk publik, harga jasa bisa ditingkatkan pula. Kalian bisa membuat portofolio di blog milik sendiri.

Untuk meningkatkan nilai tambah,  sebaiknya kalian buat portofolio di situs yang besar dan terpercaya. Menulis di situs besar tentu bukan pekerjaan yang mudah, tulisan kalian harus benar-benar berkualitas. Ketika berhasil menulis untuk media yang besar, reputasi kalian juga akan naik.

4.     Menawarkan Jasa di Situs Freelance

Saat portofolio kalian sudah bagus dan banyak, sekarang saatnya untuk mulai menawarkan jasa di situs freelance. Terdapat beberapa rekomendasi situs freelance internasional maupun dalam negeri. Berikut ini daftarnya:

  • Fiverr
  • Freelancer
  • Upwork
  • co.id
  • id
  • com

Ketika menawarkan jasa di situs tersebut, pastikan kalian telah menulis biodata dengan baik, melampirkan link portofolio, memasang harga yang masuk akal, bersikap ramah kepada klien, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan tidak menjiplak konten milik siapa pun.

5.     Perluas Koneksi

Koneksi merupakan satu hal penting dalam semua jenis pekerjaan dan bisnis. Semakin luas koneksi kalian, potensi pekerjaan yang datang pun semakin besar. Kalian dapat membangun koneksi dengan sesama freelance writer, pihak yang berpotensi menjadi klien, serta headhunter.

Cara jadi penulis lepas memang mudah jika hanya dibahas secara teori. Namun praktiknya tentu akan lebih sulit. Meskipun sulit, bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Jadi, jangan ragu untuk menggali potensi. Siapa tahu kalian adalah seorang penulis profesional di masa depan.

 

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected