fbpx Top
Join Blogger Nomad

Cara Menyalin Pesan di WA

Cara Menyalin Pesan di WA.

Cara Menyalin Pesan di WA dengan Mudah.

Saat ini dapat dikatakan WhatsApp menjadi media komunikasi utama yang digunakan hampir oleh setiap orang. Salah satu anak perusahaan dari Facebook ini memberikan kemudahan bagi banyak orang dalam berkomunikasi dengan berbagai fitur di dalamnya, salah satunya adalah fitur menyalin pesan. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara menyalin pesan di WA.

Padahal untuk menyalin pesan caranya cukup mudah dan tidak perlu waktu yang lama. Dengan adanya fitur ini, tentunya kalian tidak perlu mengetik ulang chat yang sudah ada untuk dapat dikirimkan kembali. Terdapat beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menyalin pesan di WA, contohnya seperti di bawah ini.

Cara Menyalin Pesan di WA

1.     Menyalin Chat di WhatsApp

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk menyalin chat di WhatsApp adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp di perangkat yang kalian
  • Setelah itu kalian dapat membuka chat yang ingin disalin pesannya.
  • Kemudian kalian dapat tahan pesan tersebut hingga muncul blok biru dan muncul beberapa menu di bagian atas layar.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan tap ikon dua kotak yang menumpuk untuk menyalin pesan tersebut.
  • Jika muncul notifikasi “Pesan disalin”, maka pesan tersebut sudah berhasil disalin.
  • Setelah itu kalian dapat paste pesan tersebut di mana saja, baik ke teman yang lain, ke grup WhatsApp, atau di luar aplikasi WhatsApp.

 

2.     Menyalin Pesan di Grup WhatsApp

  • Kalian pun juga bisa menyalin pesan melalui grup WhatsApp yang cara sedikit berbeda dengan cara sebelumnya. Langkah pertama yaitu dengan membuka grup WhatsApp lalu cari pesan yang ingin disalin.
  • Tap lalu tahan pesan tersebut hingga muncul blok biru dan menu di bagian atas. Terdapat ikon titik tiga di pojok kanan atas, tap ikon tersebut.
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi, untuk menyalin tap opsi “Salin”.
  • Seperti halnya cara pertama, jika muncul pemberitahuan “Pesan disalin”, maka artinya pesan tersebut berhasil tersalin ke clipboard perangkat kalian.
  • Selanjutnya kalian bisa paste atau menempel pesan tersebut di mana saja, baik mengirimnya ke teman di WhatsApp, grup WhatsApp lainnya, atau bahkan di luar aplikasi WhatsApp.

 

3.     Menyalin Chat WhatsApp yang Banyak

  • Cara menyalin pesan di WA selanjutnya adalah dengan menyalin chat yang banyak sekaligus. Fitur ini sangat membantu jika kalian memiliki percakapan yang banyak dan ingin mengirimkannya ke pengguna atau grup lain.
  • Langkah pertama yaitu dengan mencari pesan yang ingin disalin Setelah itu tahan pada pesan tersebut beberapa saat hingga muncul blok biru dan ikon “Salin” di bagian atas.
  • Jika muncul pesan bahwa pesan-pesan tersebut berhasil disalin, maka kalian dapat menempelkannya ke pengguna lain atau di grup lainnya. Hasil dari salinan tersebut pun akan tertera tanggal, waktu, dan nama dari pengguna yang kalian salin pesannya tersebut.
  • Jika tidak ingin menyertakan waktu dan tanggalnya, maka kalian tinggal hanya menghapusnya saja di kolom chat.

 

 

4.     Meneruskan Pesan WhatsApp

  • Fitur forward atau teruskan ini adalah salah satu fitur yang sering sekali digunakan oleh pengguna WhatsApp karena perannya yang cukup penting. Langkah pertama untuk menggunakan cara ini adalah dengan mencari pesan yang ingin diteruskan.
  • Setelah itu tekan dan tahan pesan tersebut hingga muncul blok biru dan ikon tanda panah ke arah kanan di bagian atas layar.
  • Tap ikon tanda panah ke arah kanan tersebut lalu pilih tujuan untuk meneruskan pesan tersebut. Kalian bisa meneruskan pesan tersebut ke grup personal, atau status WhatsApp.
  • Tap tanda kirim yang muncul di sebelah kanan bawah.
  • Selesai, pesan sudah diteruskan ke tujuan yang sudah kalian pilih.
  • Jika pesan terkirim, maka akan terdapat tulisan “Diteruskan” yang berada di bagian atas pesan. Keterangan tersebut menunjukan bahwa pesan tersebut adalah pesan yang diteruskan dari pengguna lain.

Trik Menggunakan WhatsApp

Selain cara menyalin pesan di WA, kalian juga perlu mengetahui beberapa tips lainnya ketika menggunakan WA. Seperti yang kalian tahu, WA memiliki berbagai macam fitur yang bisa membantu dalam berkomunikasi dengan pengguna lain.

Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan WhatsApp yang perlu kalian ketahui.

Membuat Teks Tebal, Miring, dan Dicoret

Trik menggunakan WhatsApp yang pertama adalah membuat teks tebal, miring, dan dicoret. Fitur ini sendiri sudah lama terdapat di WhatsApp, namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

 

Untuk menebalkan, kalian bisa menambahkan tanda bintang (*) di awal dan akhir kata atau kalimat. Untuk membuat kata atau kalimat menjadi miring, bisa menambahkan simbol garis bawah (_) di kedua sisi teks.

 

Sedangkan untuk teks yang ingin dicoret, kalian bisa menambahkan tilde (~) di awal dan akhir teks. Terdapat juga opsi untuk membuat teks monospace dengan cara menambahkan 3 akses kubur (‘) di awal dan akhir teks.

 

5.     Mengutip Pesan

Trik selanjutnya yang dapat kalian coba gunakan adalah dengan mengutip pesan ketika ingin membalas pesan. Untuk mengutip pesan di WhatsApp caranya pun cukup mudah, kalian hanya cukup menggeser chat ke kanan lalu memberikan respon ke pesan tersebut.

 

Dengan mengutip pesan, tentunya pengguna lain akan lebih mudah untuk memahami maksud dari pesan kalian.

 

6.     Menonaktifkan Pengunduhan Otomatis Melalui Data Seluler

Trik ini adalah salah satu trik favorit karena dapat menghemat data seluler yang kalian gunakan. Dengan menggunakan fitur ini media seperti gambar atau video tidak akan tersimpan secara otomatis ke perangkat kalian.

 

Cara menonaktifkan pengunduhan otomatis ini cukup sederhana, kalian bisa menuju ke menu pengaturan WhatsApp lalu pilih opsi Penggunaan data dan penyimpanan. Pada halaman tersebut kalian bisa memilih opsi “Saat menggunakan data seluler”.

 

 

7.     Mendapatkan Rincian Penggunaan Data WhatsApp

Fitur ini mungkin masih jarang diketahui oleh pengguna WhatsApp karena mungkin perannya yang tidak terlalu penting dalam berkomunikasi dengan pengguna lain. Namun fitur ini dapat memberikan informasi terkait penggunaan data dari WhatsApp kalian.

 

Untuk dapat mengakses fitur ini, kalian dapat pergi ke menu Pengaturan lalu masuk ke Penggunaan Data dan Penyimpanan. Setelah itu kalian bisa memilih opsi Penggunaan Jaringan.

 

Pada fitur ini, kalian bisa mendapatkan berbagai macam informasi, seperti penggunaan data yang berhubungan Google Drive, roaming, WhatsApp Call, dan masih banyak lagi.

 

8.     Meminta Info Akun

Seperti halnya pada kebanyakan media sosial lainnya, WhatsApp juga memungkinkan kalian untuk meminta record informasi selama menggunakan WhatsApp. Informasi tersebut nantinya akan berupa kumpulan foto profil namun tidak termasuk pesan.

 

Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa mengunjungi menu Pengaturan lalu pergi ke menu Akun. Setelah itu pilih opsi Minta Info akun lalu pilih opsi Minta Laporan. Nantinya laporan info akun akan tersedia setelah 2-3 hari dari hari pengiriman permintaan laporan.

Cara menyalin pesan di WA sangatlah mudah dan kalian bisa melakukannya dengan cepat. Kalian pun dapat menggunakan berbagai macam cara menyalin pesan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat juga beberapa trik menggunakan WhatsApp yang tidak banyak orang mengetahuinya.

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected