fbpx Top
Join Blogger Nomad

Kenapa You Tube Tidak Bisa Didownload

Kenapa You Tube Tidak Bisa Didownload.

Kenapa Video YouTube Tidak Bisa Didownload dan Cara Mengatasinya

 

YouTube merupakan salah satu platform yang menawarkan berbagai macam genre video dan terdapat fitur download dari aplikasinya. Di balik fitur yang menarik ini, ada beberapa alasan mengapa video YouTube tidak bisa didownload sekalipun memiliki jaringan internet yang memadai.

 

Alasan atau penyebab ini sangat beragam, mulai dari kesalahan pengguna itu sendiri atau memang dari pihak YouTube tidak mengizinkan. Seluruh faktor penyebab yang umum terjadi akan dibahas berikut ini lengkap dengan solusi pemecahannya.

 

Penyebab Video YouTube Tidak Bisa Didownload

 

1. Versi YouTube Terlalu Lawas

 

Beberapa orang seringkali mengabaikan update aplikasi karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal update aplikasi ini bisa dibilang penting karena memperbaiki bugs maupun error aplikasi yang telah dilaporkan oleh pengguna. Di sisi lain juga menawarkan fitur baru.

 

Apabila masih menggunakan versi YouTube lama, maka kalian tidak akan menikmati fitur baru dari YouTube. Salah satu fitur menarik yang muncul pada beberapa versi belakang ini adalah download. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video tertentu dan ditonton secara offline.

 

Bagi yang ingin menggunakan fitur ini, kalian harus mengupdate terlebih dahulu aplikasi YouTube. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan update pada ponsel Android maupun iPhone:

 

  • Kunjungi store masing-masing dan masuk ke menu Aplikasi.
  • Pada menu Aplikasi, biasanya akan ditampilkan beberapa aplikasi yang mendapatkan update.
  • Cari aplikasi YouTube dan tekan tombol Update untuk melakukan update.
  • Tunggu sampai proses selesai dan selama sedang mengunduh, jangan buka YouTube terlebih dahulu.
  • Selesai melakukan update, kalian bisa membersihkan cache aplikasi terlebih dahulu.
  • Caranya tinggal masuk ke menu Setelan, kemudian cari menu Aplikasi.
  • Pada halaman Aplikasi, cari YouTube dan pilih opsi Penyimpanan.
  • Halaman detail penyimpanan akan terbuka dan kalian bisa menghapus cache aplikasi dengan menekan tombol Hapus Cache.
  • Sekarang keluar dari menu Pengaturan dan cobalah membuka YouTube.
  • Cari salah satu video yang ingin diunduh, kemudian perhatikan beberapa tombol di bawah video.
  • Jika muncul tombol Download, artinya video YouTube sudah bisa diunduh.

 

2. Pengaturan Download Belum Diatur

 

Selanjutnya merupakan hal kecil yang sering kali tidak disadari oleh pengguna YouTube, yaitu pengaturan download. Apabila dari awal belum diatur pengaturan download, maka pada kondisi tertentu tidak bisa mengunduhnya. Berikut cara melihat dan mengaturnya:

 

  • Update terlebih dahulu aplikasi YouTube masing-masing, kemudian jalankan aplikasinya.
  • Klik foto profil yang ada di ujung kanan atas, kemudian scroll sampai menemukan tombol Setelan.
  • Di halaman Setelan, pilih opsi Download.
  • Halaman Download akan terbuka dan di sini akan muncul banyak pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa pengaturan dasar:

 

  • Kualitas Download – Kalian bisa memilih kualitas download default di sini atau bisa memilih opsi Tanyakan setiap kali menonton.
  • Download melalui Wi-Fi sajaGeser opsi ini ke kanan jika kalian ingin mengunduh melalui jaringan WiFi saja. Namun jika ingin mengunduh menggunakan data, maka bisa menggeser opsi ke kiri.
  • Rekomendasikan DownloadGeser ke kanan jika ingin mendapatkan rekomendasi video yang bisa diunduh.
  • Gunakan Kartu SDGeser ke kanan jika kalian ingin hasil download tersebut tersimpan ke dalam Kartu SD Card. Namun apabila ingin tetap di memori internal, maka bisa menggeser opsinya ke kiri.

 

3. Storage Tidak Mencukupi

 

Alasan atau penyebab selanjutnya yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang adalah masalah ruang penyimpanan. Setiap ponsel umumnya akan memiliki kapasitas memori internal yang berbeda-beda, mulai dari 8-32GB atau bahkan lebih.

 

Apabila kapasitas ruang penyimpanan internal mulai penuh, biasanya akan muncul notifikasi sistem. Pada beberapa ponsel ada yang tidak muncul notifikasinya dan secara tiba-tiba memori penuh. Hal-hal seperti inilah yang membuat kalian pada akhirnya tidak bisa mengunduh video YouTube.

 

Salah satu hal yang bisa kalian lakukan agar bisa mengunduh lagi tidak lain adalah mengosongkan memori internal. Berikut beberapa cara atau tips mengosongkan memori internal:

 

  • Hapus cache aplikasi secara berkala. Di sini kalian bisa memanfaatkan fitur bawaan (jika ada) atau menggunakan aplikasi cleaner tambahan.
  • Hapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi.
  • Pindahkan seluruh file penting ke SD Card.

 

4. Kreator Tidak Mengizinkan

 

Penyebab selanjutnya bisa berasal dari kreator atau pemilik channel YouTube tersebut. Pada dasarnya YouTube mengizinkan para kreator untuk melakukan pengaturan pada video yang hendak diupload dan dipublikasikan. Pengaturan ini juga menyangkut tentang akses video oleh penonton.

 

Jika dari awal pihak kreator sudah tidak mengizinkan video untuk ditonton secara offline, maka kalian tidak bisa mengunduhnya. Cirinya bisa dilihat dari tombol download yang muncul. Apabila tombol download yang muncul disertai dengan tanda silang, maka tidak diizinkan untuk mengunduhnya.

 

Berbeda lagi jika terdapat tombol download, namun tidak disertai tanda silang. Ini berarti kalian harus berlangganan atau beralih ke YouTube Premium untuk dapat mengakses video secara offline. Biaya yang dibebankan kepada pengguna sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

 

5. Bukan Member YouTube Premium

 

Sekitar tahun 2020 silam, YouTube memperkenalkan produk yang bernama YouTube Premium. Produk yang ditawarkan YouTube ini memungkinkan pengguna untuk melakukan menonton video secara offline, terbebas dari iklan, akses ke YouTube musik premium dan lain sebagainya.

 

Masalah yang seringkali muncul disini adalah ketika kreator video tidak mengizinkan pengguna biasa melakukan download. Sebaliknya adalah hanya pengguna atau ember YouTube Premium yang dapat melakukan download video.

 

Cara mengatasinya adalah mau tidak mau kalian harus terdaftar atau berlangganan menjadi member YouTube Premium. Berikut cara mendapatkan atau berlangganan menjadi member YouTube Premium:

 

  • Update aplikasi YouTube dan jalankan.
  • Tekan tombol profil yang ada di kanan atas, kemudian pilih menu Dapatkan YouTube Premium.
  • Bagi yang belum pernah menggunakan fitur ini, pihak YouTube akan menawarkan fitur uji coba gratis selama satu bulan.
  • Jika masa percobaan akan berakhir, maka dalam kurun waktu 7 hari sebelum berakhir, kalian akan mendapatkan notifikasi tagihan untuk akses secara bulanan.
  • Adapun biaya untuk akses YouTube Premium adalah 000,00 per bulan dan dapat dibatalkan kapan saja.

 

6. Masalah Lokasi Akses

 

Beberapa video ada yang hanya bisa diakses sesuai dengan negara pengunjung. Artinya adalah jika kalian mendapatkan link video tersebut dan mencoba untuk membukanya, biasanya memang akan terarah ke YouTube.

Namun pihak YouTube biasanya akan menampilkan notifikasi bahwa “Video Tidak Tersedia di Negara Anda”. Meskipun nantinya bisa diakses menggunakan VPN, namun tetap saja tidak diizinkan untuk mengunduhnya.

 

Solusi untuk permasalahan ini belum ada hingga detik ini karena ini kaitannya tentang zona akses. Hanya orang-orang dari negara tertentu yang diizinkan untuk menikmati dan mengunduh video tersebut secara offline.

 

Bagi kalian yang ingin mengunduh video YouTube namun tidak bisa, maka bisa mengecek beberapa kondisi yang menyebabkan video YouTube tidak bisa didownload. Jangan lupa untuk mengecek jaringan internet ketika ingin mengunduh, karena seringkali juga bermasalah pada koneksi internet.

 

SHARE THIS POST

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected