fbpx Top
Join Blogger Nomad

7 Pakar SEO Indonesia [Real Mastah SEO Terfavorit 2021]

Pakar SEO IndonesiaPakar SEO Indonesia?

Siapa saja ya?

Yuk baca terus tulisan saya…

Well, tulisan saya ini sebenarnya sekedar tulisan curhat aja sih, tapi curhat-curhat berfaedah.

Memang pengen nulis aja.

Kalau secara jumlah pencarian pakai keyword Pakar SEO atau Pakar SEO Indonesia jarang banget yang nyari, alias dikit banget jumlah pencariannya. So, fixed tulisan ini bukan karena ngejar keyword.

Jadi begini, kalau kita googling dengan keywords  Pakar SEO  atau  Pakar SEO Indonesia , maka yang muncul adalah website-website yang menjual dirinya sendiri.

Maksudnya pemilik blognya adalah seseorang yang memang membuka jasa SEO.

Atau dengan kata lain membranding dirinya sendiri.

Tidak ada yang salah sebenarnya dengan itu ya, tapi kali ini saya akan mencoba membuat penilaian versi saya sendiri, siapa saja sebetulnya yang merupakan Pakar SEO Indonesia.

Bukan tulisan berbayar ya ini, jadi bisa dipastikan yang saya tuliskan murni karena pendapat saya sendiri.

Saya menulis artikel ini agar teman-teman juga tahu, bahwa ada banyak sekali Pakar SEO Indonesia lain yang memang keren menurut saya, karena saya tau mereka punya blog-blog yang trafiknya sungguh menyesakkan jiwa hahaha…

Alias jutaan per bulaaaan Gaessss….

Persamaan dari mereka yang saya bahas ini tuh, mereka rata-rata silent blogger.

Pada santuy-santuy orangnya kayaknya.

Kemudian tipenya pada suka berbagi ilmu.

Pendapat yang bisa benar dan bisa tidak sih.

Karena pendapat saya pribadi.

Yuk kita mulai pembahasannya.

 Apa Itu Pakar SEO? 

Nah, kita mulai membahas definisinya dulu ya.

Apa sih yang dimaksud dengan Pakar SEO Indonesia?

Kalau menurut saya pribadi, Pakar SEO itu ya seseorang yang ahli dalam bidang SEO.

Mungkin di dunia internet marketing lebih dikenal dengan  nama ‘Mastah SEO’ atau ‘Ahli SEO’.

Sebagian dari mereka muncul ke ruang publik dan banyak dikenal orang, namun sebagian lagi memilih untuk menghilang di belakang layar.

Tapi website-websitenya merajalela di Page One Google.

Begitu ya kira-kira.

Nantinya seiring perjalanan waktu teman-teman di dunia blog, pasti akan tahu juga mana yang Mastah beneran The Real Mastah.

 Pakar SEO Kerjanya Apa? 

Apa sih kerjaannya Pakar SEO itu?

Nah, kerjaan mereka itu macam-macam, tapi biasanya seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini.

  • Membantu meningkatkan trafik sebuah website.
  • Membantu mengoptimasi website.
  • Membantu membetulkan kerangka website supaya bagus.
  • Membantu riset keyword.
  • Membantu membuatkan backlink.
  • Dan semua pekerjaan SEO lain yang katanya njlimet dan rumit.

Lalu, kenapa banyak yang mau jadi Pakar SEO?

Karena bayarannya mahal, menurut saya ya hahaha…

Kalau untuk blogger-blogger sih kalau SEO belajar sendiri ajalah.

Yang biasanya memakai jasa para Pakar SEO itu kan perusahaan atau UMKM yang sedang mengembangkan diri.

 Siapakah Pakar SEO Indonesia? 

Nah balik lagi, jadi nama-nama yang saya bahas di bawah ini adalah mereka-mereka yang jadi favorit saya.

Terbaik menurut saya pribadi.

Tempat saya belajar SEO, baik dari blognya, dari status-statusnya di media sosial, dari grup-grup yang mereka kelola, dan juga bahkan dari eCourse yang mereka buat.

Tidak perlu banyak sumber, hanya dari 7 orang ini saja rasanya kita akan sudah sangat memahami dunia SEO dan segala seluk-beluknya.

Saya memilih mereka ini sebagai Pakar SEO dengan berbagai macam pertimbangan.

Salah satunya adalah karena mereka sangat totalitas dalam berbagi ilmu.

Ada memang versi premiumnya, tapi versi gratisnya pun sudah sangat WOW banget.

 Daftar Pakar SEO Indonesia 

Mari kita mulai pembahasan lebih detailnya.

Mereka ini saya anggap guru saya.

Memang tidak ada satupun dari mereka yang pernah saya jumpai secara langsung.

Bahkan secara online pun hanya sekedar like and comment di status saja hahaha…

Urutan berikut bukan berdasarkan yang paling jago ya, karena setiap mastah SEO punya gaya dan trik masing-masing.

Saya tuliskan berdasarkan siapa yang saya ingat duluan.

 1. Ibrahim Vatih 

Yang akan pertama kali saya bahas adalah IBRAHIM VATIH.

Blognya nanti bisa dicek di sini ya… Vatih.com.

Nama ini adalah nama pena atau nama branding, bukan nama asli.

Karena nama ini sangat mudah dieja dan diingat, dibandingkan dengan nama aslinya.

Selanjutnya kita sebut saja Vatih ya.

Vatih ini berasal dari Magetan, Jawa Timur.

Pemilik Pesantren Sintesa, yaitu sebuah pesantren yang fokus mengajari para santrinya tentang berbisnis online, selain belajar tentang agama tentunya.

Sudah sangat banyak sepertinya muridnya yang berhasil di dunia SEO.

Blog-blog muridnya merajalela di Page One Google.

Kadang saya sampai bisa menebak yang mana blog di Google yang muridnya Vatih.

Karena strukturnya mirip dan kontennya rata-rata sangat berkualitas.

Blognya bisa dilihat di Vatih.com, seperti yang saya tampilkan di screenshot berikut.

Desainnya bersih, enak dibaca karena hurufnya ukurannya pas di mata manusia.

Bahasa penyampaiannya pun sangat ringan dan mudah dicerna.

Pakar SEO Indonesia Ibrahim Vatih Vatih punya sumber penghasilan yang banyak.

Dari mulai Adsense, berjualan offline, berjualan eCourse dan mungkin masih banyak lagi.

Brandingnya REVORMA PREMIUM atau sekarang berubah menjadi THE PREMIUM mulai dikembangkan di tahun ini sepertinya.

Untuk membantu teman-teman blogger yang ingin belajar SEO tapi secara gratis, Vatih membuat 100 Video Gratis tentang SEO Basic.

100 Video SEO Ibrahim Vatih Gratis

100 Video Gratisnya bisa dilihat di Link You Tube Vatih ini ya, atau bisa juga klik gambar di atas.

Isi video-videonya sangat mudah dicerna.

Saya sarankan teman-teman untuk menontonnya secara berurutan.

Link You Tube Ibrahim Vatih Pakar SEO Indonesia

Jika masih pemula dan belum berpenghasilan, ini akan menjadi sebuah sumber pembelajaran yang sangat berbobot, meskipun gratis.

 2. Mastah SEO [Airul] 

Yang akan saya bahas berikutnya adalah AIRUL pemilik MastahSEO.com

Airul ini tidak perlu diragukan sih kemastahannya.

Dia punya grup di Telegram yang membahas tentang SEO.

Tulisan di blognya pun sangat enak dibaca dan sangat mencerahkan.

Tidak selamanya tulisannya panjang, kadang pendek namun sesuai dengan apa yang dicari.

Langsung bookmark blognya Airul ya, kalau mau belajar SEO dengan gratis dan mudah.

Pakar SEO Indonesia Mastah SEO Airul Rekomendasi banget deh blognya Airul.

Oh iya selain MastahSEO.com ada juga blognya yang lain, yaitu Airul.blog.

Sama bagusnya untuk dibaca dan sangat mencerahkan karena ada studi kasus dan berbagai pengalaman nyata di lapangan.

 3. Irfan Taufik 

Pakar SEO Indonesia yang selanjutnya adalah Irfan Taufik, pemilik IrvanTaufik.me.

Irfan ini kalau menjelaskan ALL OUT banget.

Kalau nggak percaya gabung deh di grup Facebooknya.

Meskipun sering mengaku ilmunya ‘gitu doank‘ tapi suer deh ilmunya ‘nggak gitu doank‘ hahaha…

Aplikatif banget dan bisa langsung dipraktekkan.

Karena Irfan suka menulis dengan tulisan yang sangat panjang disertai gambar untuk memudahkan tanpa tedeng aling-aling.

TRULY HELPFULL untuk blogger pemula yang ingin belajar SEO.

Pakar SEO Indonesia Irvan Taufik Jangan lupa gabung di Grupnya ya…

Namanya Blogger Indo yang dibelakangnya ada emoticon secangkir kopi.

Grupnya jadi favorit saya karena sangat kondusif.

Membernya ‘bageur-bageur’ *baca:baik-baik.

Terus jangan lupa juga Subscribe di Newsletternya dan di You Tube nya juga.

 4. Panduan IM [Darmawan] 

Nama ke empat sih kayaknya semua udah pada kenal ya.

PanduanIM.com sampai saat ini masih jadi jawara di banyak keywords seputar Blogging dan Internet Marketing.

Dan sudah pasti pemilik blog ini juga Pakar SEO Indonesia.

Dari sekian banyak pakar SEO, hanya Pak Darmawan ini saja yang saya tidak tau siapa sosoknya.

Belum pernah nemu fotonya hahaha…

Tapi nggak masalah, yang penting menurut saya orangnya baik, soalnya sering berbagi tulisan bagus di blognya.

Pakar SEO Indonesia Panduan IM Darmawan Jangan lupa subscribe Newsletternya juga ya…

 5. Rianto Astono 

The next Pakar SEO Indonesia adalah RIANTO ASTONO.

Tulisannya bagus-baguuuuus banget.

Saya kolektor buku-bukunya Pak Rianto.

Bukunya itu masuk kategori buku-buku yang kalau dibaca berulang-ulang tidak membosankan.

Beliau juga punya buku tentang SEO.

Saya pernah menulis reviewnya juga.

Pakar SEO Indonesia Rianto Astono Pak Rianto ini sekarang punya Channel You Tube juga.

Dan yessss cepat sekali populernya, karena isinya sangat mencerahkan.

Tidak hanya seputar Blogging dan SEO, tapi juga seputar dunia online dan hal-hal yang sedang hangat dibicarakan khalayak ramai, seperti BITCOIN, kemudian ARISAN berantai yang sangat SPAMMING, dan banyak hal lain yang dibahasnya.

 6. Kepo Internet 

KepoInternet.com ini dikelola oleh Ricky Pratama dan Fritz, kalau saya nggak salah.

Blog ini dulunya menggunakan blogspot tapi sekarang sudah berubah menggunakan TLD.

Nama blog lamanya TrikMudahSEO.blogspot.com.

Isinya bagus banget juga.

Meskipun ada beberapa layout desain blognya yang saya nggak suka karena OLD FASHIONED tapi so far saya suka isi blognya karena sangat berkualitas.

Pakar SEO Indonesia Kepo Internet Baca pelan-pelan semuanya pasti mengerti.

Sering diperbaharui juga isi blognya.

 7. Rohadi Right 

Well. last but not least, Pakar SEO yang terakhir saya bahas adalah Rohadi Right.

Bisa dilihat langsung ke blognya ya.

Fokus ke tulisan-tulisannya, yang selanjutnya menarik perhatian saya adalah jumlah komentar dari pembacanya.

Ada salah satu tulisan yang jumlah komentarnya di atas 1000.

AMAZING BANGET hahaha…

Menandakan bahwa Rohadi ini punya pembaca yang sangat banyak.

Pakar SEO Indonesia Rohadi RightMeskipun sekarang belum terlalu sering menulis lagi, tapi dari tulisan-tulisan lamanya pun kita bisa banyak belajar.

Sungguh mencerahkan.

 Kesimpulan 

Nah, jadi kira-kira begitulah tulisan saya kali ini tentang Pakar SEO Indonesia.

Jika ada yang belum dimasukkan ke dalam list boleh tulis di kolom komentar.

Mungkin saya yang mainnya kurang jauh jadi belum kenal mereka, atau memang saya sudah tau tapi tidak memasukkan mereka ke dalam list saya.

Banyak sebabnya sih tidak saya masukkan ke list, misalnya karena blognya kebanyakan dipasangin iklan di tempat yang annoying, atau tulisannya fontnya terlalu kecil jadi saya tidak suka, dan masih banyak lagi penyebabnya.

NO Hurt Feeling ya.

Karena saya berusaha memberikan yang terbaik untuk pembaca blog saya, jadinya saya hanya menuliskan pendapat saya pribadi.

Tulisan ini pun akan saya update jika sekiranya ada hal-hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi.

Belajar SEO pada guru yang tepat sangat diperlukan untuk blogger pemula.

Karena apa?

Karena SEO itu akan lebih mudah dipelajari jika disampaikan dengan cara yang enak dan mudah dicerna.

SEO pun pembelajaran sepanjang hayat selama Google masih eksis, karena memang selalu berubah-berubah menyesuaikan algoritma Google.

Tidak ada trik yang 100% benar atau 100% salah. Karena beda kasus beda cerita.

Meskipun konon katanya, tetap ada sebuah Blueprint SEO yang tidak berubah.

Kalau kata para pakar SEO, ‘SEO itu ya gitu-gitu aja’!

Kalau menurut saya sih, SEO itu pakai logika aja, jawaban kayak gimana yang kamu harapkan muncul di Google berarti yang seperti itulah yang kamu tuliskan.

Well, mengutip kalimat Pak Rianto Astono,  “Pada akhirnya, semua akan kembali pada SEO” .

Setuju?

SHARE THIS POST

Comments

  1. NIce info Mbak Rora.

    Dari 7 pakar tersebut, saya baru tahu Kepo Internet. Anyway, saya siap bersaing dengan mereka karena di Bloggingmo ada juga kategori SEO. Ehmmm…😊

    Happy blogging!

    • Wah asik, saya siap juga nantinya menambahkan BloggingMo di daftar list saya.

      Kepo Internet brand lumayan baru jadi memang banyak yang belum kenal kayaknya 🙂

      Blog lamanya yang sepertinya lebih dikenal.

      Happy Blogging juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected