fbpx Top
Join Blogger Nomad

About

Halo, selamat datang di Blogger Nomad dot com.

Nama saya RORA GUSDO, pemilik blog ini tentunya.

Saat ini saya tinggal di Singkawang, Kalimantan Barat.

Blog Blogger Nomad

I am happy because i am doing my passion, how about you? – Kahyangan Resort, Singkawang [2020]

Meskipun mulai belajar online sudah sejak tahun 2006, tapi jangan panggil saya mastah, pakar, suhu, atau coach ya…

Saya nggak ada apa-apanya dibanding Mastah Beneran hahaha….

Hanya blogger yang suka nulis (*itupun tidak sering), suka baca-baca buku bisnis online dan internet marketing, kadang-kadang jualan produk affiliate luar, dan suka praktek sana sini tentang berbagai cara mencari uang dari internet.

Pokoknya, saya beda banget sama temen-temen lain di luar sana yang kayaknya super duper produktif membuat konten dan produk.

 Welcome to Blogger Nomad 

Dan sekarang saya mau bilang, WELCOME TO BLOGGER NOMAD….

Review Buku Indonesian Female Blogger

Di seperempat terakhir tahun 2020 ini, semua hasil pembelajaran dan percobaan saya bertahun-tahun akan saya coba tuangkan di blog ini.

Hopefully semangat saya tidak kendor 🙂

Karena terus terang menulis dengan detail itu, meskipun untuk hal-hal yang sangat kita sukai, kadang tidak mudah juga.

Apalagi dengan begitu banyak gangguan di sana-sini.

Tapi, akan saya coba terus mengisi blog ini hingga selesai semuanya.

 Apa Itu Blogger Nomad? 

Okay, pertama saya akan jelaskan kenapa nama blog ini adalah BLOGGER NOMAD.

Buat yang belum tau, arti kata NOMAD itu dari NOMADEN, alias hidup berpindah-pindah tempat, bahkan kadangkala tanpa tujuan yang pasti, sesuai suasana hati ingin tinggal kemana.

Kalau dulu suka Googling, kadang ada blogger bule yang hidupnya 4 bulan di Bali, lalu pindah lagi berikutnya ke Thailand, lalu ke London, pokoknya enak banget deh hidupnya.

Mereka ini biasanya adalah blogger-blogger yang memang betul-betul make money dari blognya, atau mereka juga kerja remote, alias kerjanya bisa dari jarak jauh.

Penghasilan pun bisa ribuan dolar, cukup membuat mata saya terbelalak pokoknya….

Dulu sih belum ngetrend ya gaya hidup begini, namun dengan adanya Pandemi Corona maka istilah Kerja Remote menjadi sesuatu yang biasa saja, ya kan?

Dulu Webinar itu hanya segelintir orang yang tau, sekarang semua kenal Webinar dan nama ZOOM melambung tinggi.

Well, balik lagi ke Nomaden Living, saya sih tidak senomaden itu, saya hanya ingin memperoleh kesan itu, bahwa Blogger Nomad itu penulisnya adalah seseorang yang hidupnya sering berpindah tempat. Tapi ini dikarenakan mengikuti suami.

Sebenarnya Blogger Nomad ini dibuat juga untuk membuat Branding baru bagi saya agar ‘tidak terlalu perempuan’ seperti blog saya yang satu lagi AFF MOMA. Yang dari desainnya saja sudah sangat girly.

Isi blognya pun setipe tapi tentu lebih lengkap yang ini, karena sementara saya fokus di sini ke depannya.

Namun seiring perjalanannya, branding baru Blogger Nomad dengan nuansa warna kuning pun hilang.

Saya kembali ke hati nurani dan harus mengakui bahwa branding baru Blogger Nomad ini kembali ke nuansa dusty pink dan pastel, sangat mirip dengan Blog AFF Moma yang niatnya mau di rebranding hahaha…

Ya sudahlah, yang penting saya terus semangat nulis 🙂

Semoga kehadiran Blogger Nomad ini bisa diterima teman-teman blogger ya…

Aamiin Aamiin Aamiin YRA….

 WordPress Lovers 

Di blog ini saya banyak membahas tentang blogging menggunakan WordPress karena memang sejak awal mengenal dunia blogging saya sudah jatuh hati dengan WordPress.

WordPress itu jadi favorit kesayangan saya lah sepanjang masa hehehe…

Blog Blogger Nomad ini sengaja saya buat sebagai bahan referensi bagi teman-teman yang ingin belajar blogging menggunakan WordPress Self Hosted dan pastinya suatu saat bisa menghasilkan uang dari blognya.

 Overload Information 

Sebenarnya sudah banyak sekali blog semacam ini bertebaran di internet, namun karena ternyata masih banyak juga yang belum berhasil berpenghasilan dari blognya maka saya buat lah blog ini.

Kalau menurut saya, terkadang saking karena kebanyakan informasi, maka banyak teman-teman yang justru kehilangan arah.

Jadi mungkin saat mulai belajar nanti harus lebih rapi dan tertib belajarnya.

Blog ini saya susun sesuai dengan pemahaman saya, mana yang harus duluan dipelajari dan mana yang belakangan.

Coba aja diikuti sesuai urutannya.

Kalau ada bagian yang sudah bisa ya tinggal diskip saja.

Semua panduan tulisan saya bisa dibaca secara GRATIS nantinya di halaman  TUTORIAL BLOGGING , tapi kalau ingin tutorial dalam bentuk video bisa gabung di KELAS BLOGGING saya ya…

Oh iya, jangan lupa gabung newsletter saya juga ya untuk mendapatkan update terbaru tentang dunia perbloggingan.

Semoga kehadiran blog ini bisa semakin menyemarakkan dunia perbloggingan Indonesia, dan pastinya semoga setelah belajar dari blog ini teman-teman bisa juga berpenghasilan dari blognya.

BLOGGER NOMAD is your go-to blog on everything you want to know about starting, growing, and earning from blog.

 Blogger VS Imers 

Oh iya sebelum lupa, saya mau membahas tentang Blogger VS Imers (Internet Marketers).

Kalau menurut saya pribadi, antara Blogger dan Imers ini sudah menjadi satu kesatuan ya hahaha…

Agak berat kalau blogger tidak belajar internet marketing.

Dan rasanya semua blogger sukses pasti paham tentang internet marketing.

Yah meskipun tidak level sangat ahli tapi ngerti lah sedikit-sedikit 🙂

Karena biasanya blogger yang sudah sangat sukses akan mengembangkan blognya ke tahapan yang lebih tinggi menggunakan ilmu-ilmu internet marketing.

So, kalau teman-teman baru mulai, jangan antipati dengan internet marketing ya…

Percayalah, semua itu bisa dipelajari, asal mau belajar dan membuka diri lebar-lebaaarr….

 Huge Thanks to Anne Ahira and RiverMaya 

Perjalanan online saya bermula saat pulang dari kampus saya dulu di ITB dan diberi selebaran tentang info Asian Brain dan Anne Ahira.

Sayangnya brosurnya sudah hilang, karena dulu belum musim jeprat-jepret upload. Brosur yang seingat saya berwarna pink itu menceritakan tentang perempuan muda asal Soreang yang berhasil mendapatkan puluhan ribu dolar per bulan hanya dari rumah. Terdengar sangat menggiurkan ya!

Itu sekitar tahun 2006-an gitu ya, zamannya masih mainan Friendster belum Facebook-an. Trus masih zamannya Yahoo Messenger gitu, pasang status juga di YM bukan di Whatsapp.

Nah sepulang dari kampus waktu itu langsung browsing tentang Anne Ahira dan Asian Brain yang ternyata sangat ngehits pada saat itu. Langsung bergabung secara aktif di member area dan bertemu dengan sesepuh IM pada masa itu seperti Mbak Maya dan Pak Edy.

Mbak Maya itu guru saya paling TOP BANGET buat belajar about WordPress. Ampun deh kesabarannya di luar batas, humble dan telaten banget hahaha…

Dulu masa itu, saya rajin banget ikut berbagai macam gathering Asian Brain di beberapa kota. Fun banget sih soalnya, gajian dolar trus jalan-jalan aja kerjanya hahaha…

Ngikut aja gitu ke mana-mana Hira ngadain gathering. Semacam tim sukses aja ya jadinya 🙂

Saat itu masih belum banyak komunitas dan teman-teman yang bisa diajak bertukar cerita tentang internet marketing, jauh berbeda dengan keadaan saat ini dimana semua orang sadar internet, dan punya blog dengan domain nama sendiri adalah hal yang biasa.

Kadang fokus dan kadang vakum adalah tipe saya dalam berbisnis, karena kesibukan saya yang sangat beragam, tidak hanya di dunia online saja. Hal ini juga dipermudah karena dunia online bagi saya hanya hobi saja, biaya hidup tetap bergantung pada suami, yeyyy… LOL, ga boleh protes ya hahaha.

Dunia internet marketing selalu membuat saya terpukau dan terkagum-kagum. Bagaimana para internet marketer bisa menghasilkan milyaran rupiah hanya dari belakang laptop. Pas banget kan ya untuk seorang ibu rumah tangga yang seneng di rumah model saya ini hahaha…

Sebagian cerita banyak saya bahas di blog saya ini.

 Background Akademis 

Well, pendidikan saya sama sekali tidak ada hubungannya dengan internet sih. Semua karena suka aja, belajar lewat eCourse dan otodidak juga pastinya.

Saya kuliah S1 di Biology IPB.

TPB 35, barangkali ada yang satu almamater dengan saya 🙂

Website IPB 2020

Setelah itu saya lanjut S2 di Biotechnology ITB.

Berhari-hari di Laboratorium ngurusin bakteri sih udah biasa.

Siapa yang sering menghitung Kurva Tumbuh Bakteri juga? hahaha….

Website ITB 2020

Blasss kan ga berhubungan dengan blogging dan internet marketing hahaha…

Saya suka juga sih dengan mata kuliah pilihan saya itu, karena saya suka science, tapi pada akhirnya ketika harus mencari penghasilan alias monetize, saya tidak memilih untuk menjadi pegawai.

Enak seperti sekarang ini aja, punya waktu yang fleksibel banget untuk standar ibu-ibu.

Pada akhirnya passion terpilih yang akan menentukan hasil akhirnya.

Sebenarnya petuah itu sudah kita kenal dari zaman dulu ya.

“Tekuni satu passion yang sangat kita sukai, dan Be an Expert.”

 Just Noted 

Oiya, kembali tentang blog saya ini. Blog ini sedang saya perbaiki dan lengkapi, karena sebelumnya blog-blog lama saya telah terkena malware dan virus. Mencoba mengingat-ngingat kembali barangkali saya bisa mendapatkan back up isi blog saya yang lama dan memindahkannya ke Blogger Nomad.

Blog ini isinya agak tematik sesuai dengan judul blognya, banyak menceritakan pengalaman saya di dunia online,  seputar cerita saya belajar internet marketing dan hasil-hasil yang saya dapatkan dari online. Blog spesifik tentang passion saya di dunia online dan semua yang terkait dengan itu. Betapa ternyata dunia online itu sangat menyenangkan.

Semua tentang passion saya dan hanya mencoba berbagi apa yang saya tau. Sharing is Caring kan katanya. Jadi kalau sempat saya tuliskan pengalaman saya di blog ini.

Salam kenal untuk semuanya yang berkunjung ke rumah online saya. Boleh diskusi dan komentar di setiap postingan, boleh inbox di Facebook asal sabar menunggu saya sempat mbalesnya karena dunia saya ga cuma dunia maya.

Pokoknya boleh tanya macem-macem, hmmm kecuali nanya jumlah penghasilan ya hahaha…

 JOIN BLOGGER NOMAD 

Jangan lupa gabung Newsletter Blogger Nomad ya, untuk tau semua info terbaru dari dunia blogging dan make money online.

 

Blogger Nomad Header Pink 2

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 5 =

Testimonials

[instagram-feed]
error: Content is protected